Persiapan Pijat Bayi

Bayi merupakan salah satu anugerah yang terindah bagi kedua orang tuanya. Oleh karena itu bayi perlu untuk ditimang, diberi kasih sayang dan cinta setulus hati dari kedua orang tuanya. Kasih sayang itu sendiri bisa diwujudkan melalui beberapa hal, seperti mengajak komunikasi kecil, hiburan, hingga merawat dan menjaga kesehatan pada bayi. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatannya, salah satunya yakni melakukan pijat bayi. Memang kedengarannya masih heran karena keberadaan pemijatan terhadap si kecil, namun jangan salah. Ini juga menyehatkan si kecil. Si bayi juga membutuhkan relaksasi seperti halnya orang dewasa. Sebagai penambah wawasan, ada beberapa persiapan pijat bayi. Diantaranya sebagai berikut.

Persiapan waktu dan kondisi bayi.

  1. Kondisikan si kecil dalam keadaan tidak kekenyangan atau tidak lapar.
  2. Mood atau ekspresi yang dialami bayi sedang baik atau bahagia.
  3. Bayi tidak sedang dahaga.
  4. Si kecil pun tidak merasa mengantuk sehingga belum membtutuhkan tidur.

Selain itu, yang perlu disiapkan sebelum melakukan pijat bayi adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan tempat yang membuat si kecil menjadi nyaman dan kondisinya aman dari suatu terjadi hal yag tak diinginkan oleh si kecil.
  2. Siapkan pula peralatan dan perlengkapan untuk bayi, seperti baby lotio dan baby oil seperti pada rangkaian produk Zwitsal. Serta handuk, pakaian untuk ganti, bantal dan ranjang kecil yang empuk.
  3. Pastikan bahwa perlengkapan, peralatan dan tempatnya benar – benar bersih dan steril dari benda asing yang merugikan si kecil.
  4. Bila perlu, mainkan alat musik yang membuat bayi semakin tenang.

Pada saat akan memijatkan bayi, usahakan untuk tidak menggunakan perhiasan agar tidak mengganggu kulit pada bayi. Oleh karena itu sebaiknya perhiasan seperti cincin dilepaskan sementara. Selain itu basuh tangan dengan sabun agar bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk. Kuku tangan juga hendaknya dalam keadaan masih pendek. Tetapi apabila kuku jari tangan panjang alangkah baiknya untuk dipotong terlebih dahulu sebelum melakukan pijat bayi agar tidak terjadinya goresan pada kuku bunda terhadap kulit bayi. Setelah itu cuci tangan dengan bersih.


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]